Pengantar Multimedia
Yaitu interaksi antara
teks, suara, gambar statis, animasi dan video (perry, 1994)
Ditinjau dari kata
pembentukannya, multimedia berarti melibatkan berbagai media.
Aplikasi Multimedia
- Presentasi bisnis
- Pelatihan berbasis komputer
- Hiburan
- Pendidikan
- Penyajian informasi
- Kios interaktif ( toko online )
Beberapa komponen
multimedia yang digunakan :
- Kartu Suara
- Speaker
- Mikropon
Peralatan yang digunakan
untuk membangaun suatu aplikasi multimedia dapat dilihat di gambar ini
Elemen Multimedia
Teks
Merupakan bentuka media yang paling umum digunakan dalam neyajikan informasi,
baik model baris perintah ataupun GUI.
Suara
• Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan
informasi tertentu
• Suara pada komputer disimpan dengan berbagai
format
- Midi
- WAVE
- MP3
- WMA, dll
Gambar Statis
- Berbagai format gambar yang telah
diimplementasi dalam sistem komputer:
BMP
CDR
GIF
JPG
PNG
TIFF
PCX
- Berbagai perangkat lunak untuk membuat gambar
statis
Adobe
Photoshop
Coreldraw
Paint,dll
Animasi
• Merupakan teknik untukm membuat gambar yang
bergerak.
• Contoh aplikasi sederhana untuk membuat animasi
Ulead GIF Animator.
• Film-film di layar televeisi pada saat ini
banyak yang menggunakan teknik animasi
Video
• Aplikasi sederhana untuk membuat film dengan
format AVI yaitu Adobe Premiere, Windows Movie Maker
• Format berbagai video:
AVI
MOV
MPEG,
dll
Virtual Reality
• Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah
teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang
disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan
sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam
imaginasi. Lingkungan Virtual reality terkini umumnya menyajikan pengalaman
visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah
penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan
informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau
headphone.
• Singkatnya Virtual reality yaitu
teknologi yang memungkinkan seorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu
obkek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga
dimensi (3D) sehingga pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
• Digunakan pada perancang obat, Arsitek,
Insinyur , pekerja medis, pilot,dll.
• Peranti Virtual Reality
Glove
Headset
Walker
Cara kerja Virtual
Reality :
Pemakai melihat suatu
dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis.
Melalui perangkat
headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis.
Melalui headset,
glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh
sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah
merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun
secara psikologis.
Aplikasi Virtual
Reality
• Manufaktur
Pengujian rancangan, prototiipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam
perakitan, prosuksi dan pemeliharaan
• Arsitektur
Perancangan
gedung
• Militer
Pelatih
(pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan
• Kedokteran
Pelatihan
pembedahan, terapi fisik
• Penelitian / Pendidikan
Studi
tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks
• Hiburan
Museum
virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara, taman virtual, simulasi
ski,dll
Efek Negaif Virtual
Reality
Orang yang menggunakan
virtual reality sering mengalami gangguan yang disebut cybersickness (Haag,
Cummings, dan Dawkin, 2000, hal. 294).
Penderita akan merasakan
ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Kadang-kadang penderita
terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem virtual reality walaupun
ia telah kembali ke dunia nyata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar